Social Icons

twitterfacebook

Pages

Rabu, 15 Februari 2012

Touch My Heart - Mengenal kepribadian anak menurut golongan darah

Wow, saya mendapatkan sedikit pencerahan bagaimana untuk memahami kepribadian dan temperamen orang lain, walaupun baru sekilas membaca buku tentang hubungan golongan darah dengan kepribadian dan temperamen. Ini ilmiah dan hasil riset bukan suatu ramalan, menurut saya ini sangat-sangat objektif dan rasional. Buku hasil riset di Jepang oleh Toshitaka Nomi yang mengadakan berbagai riset tentang  golongan darah yang diterjemahkan dalam bahasa indonesia oleh Holy Setyowati yang berjudul “Touch My Heart, mengenal kepribadian anak menurut Golongan Darah.” Buku yang secara tidak sengaja saya temukan pada saat mencari buku di perpustakan pusat di Universitas pada saat ini saya menempuh pendidikan. Di sela-sela rak buku dilantai tiga yang merupakan salah satu sudut kumpulan buku-buku tentang kesehatan, kedokteran, farmasi dan psikologi.

Penggolongan darah yang selama ini kita ketahui, yaitu golongan darah O, golongan darah A, golongan darah B, dan golongan darah AB ternyata membawa sifat atau membawa karakteristik tertentu pada seseorang.

Dikatakan bahwa seorang bergolongan darah O memiliki keinginan yang kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya, serta suka mengatakan ha-hal yang romantis.

Seorang bergolongan darah A yang sangat menghargai aturan, dan dapat mengotrol emosi serta keinginannya.

Seorang bergolongan darah B yang berfikir secara fleksibel, serta mudah membuka hati untuk orang lain.

Seorang bergolongan darah AB yang memiliki pemikiran rasional, serta senang melayani.

Menurut buku ini Golongan Darah tertentu memberikan pola kepribadian tertentu sesuai Golongan Darah yang mereka miliki. Dan saya sangat tertarik dengan kutipan yang saya ambil dari pengantar yang ditulis penerjemah, “ setelah membaca buku ini saya mulai mengerti lebih banyak akan pentingnnya pemahaman atas golongan darah dalam kehidupan sehari-hari, entah itu untuk hubungan persahabatan, hubungan suami istri, hubungan orang tua anak, hubungan dengan rekan kerja, hubungan guru murid, dan lain sebagainya. Banyak sekali terjadi kesalahpahaman di antara yang satu dengan yang lainya karena adanya perbedaan temperamen manusia. Dengan memahami orang lewat golongan darahnya. Saya yakin akan terjadi perubahan dalam hubungan antar manusia. Sejak memahami akan hal itu maka saya menjadi lebih mengerti orang lain. Saya bisa mengerti kenapa ada orang-orang yang suka memuji-muji orang lain dengan bebasnya. Kenapa ada orang yang suka menyendiri, tidak suka bersosialisasi, dan kenapa orang cenderung mencari perhatian secara berlebihan. Seandainya saya tidak mengerti akan perbedaan karakteristik oleh karena golongan darah, mungkin sampai hari ini saya masih akan terus menghakimi.”

Saya berusaha membuktikan dengan menanyakan dan menebak Golongan Darah berdasarkan pola kepribadian yang ada dibuku ini, yang kebetulan teman dekat dan lumayan tau tentang kepribadiannya. Dan hasilnya sungguh mencengangkan sekitar 85% saya mampu menebak golongan darahnya. Namun satu hal yang bisa kita ambil adalah dengan mengetahui golongan darah kita bisa memahami perbedaan kepribadian dan temperamen orang lain, dan mengatasi cara bagaimana memperlakukan orang lain berdasarkan kepribadiannya.

Yang berminat silahkan baca bukunya, saya bukan ahlinya dan hanya sedikit berbagi cerita, mudah-mudahan bermanfaat Jv

3 komentar:

 

Total Pageviews